Tumbuhan untuk mengobati penyakit panu, kurap dan kudis

    Kamu tahu kan ini tumbuhan apa? Yah benar, tumbuhan ini namanya cassie alata l. Caesalpineaceae atau dalam bahasa indonesinya ketepeng cina dan dalam bahasa makassarnya kiti-kiti balanda. Tumbuhan ini memiliki daun berwarna kuning, dan buah seperti buah polong. Tanaman ini banyak kita jumpai di area terbuka seperti kebun atau pinggir sungai.

OBAT TRADISIONAL UNTUK PENYAKIT KILUT.
Ilustrasi: pexels.com
Pada zaman dahulu, masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Sulawesi selatan telah menggunakan berbagai macam tumbuhan untuk dijadikan obat. Mulai dari akar, umbi, daun batang buah sampai bunga. Pengetahuan akan hal ini berlanjut sampai generasi sekarang sehingga tidak heran jika kita masih melihat masyarakat indonesia masih menggunakan tumbuhan untuk mengobati berbagai macam penyakit mereka.

Pada daun ketepeng cina ini mengandung senyawa seperti tanin, alkaloid dan flavonoid dimana sebagai anti mikroba sehingga cocok untuk digunakan pada penyakit kulit seperti panu, kurap dan kudis. Caranya adalah daun ketepeng cina ditumbuk dan ditempelkan atau dioleskan pada area tubuh dimana ada panu, kurap atau kudis. 

MENGOBATI PENYAKIT KUNING.
Daun ketepeng cina ini juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit kuning. Caranya dengan mengambil beberapa daun ketepeng cina dan diolah dengan campuran gula merah. Selanjutnya olahan tersebut kemudian di rebus sampai mendidih dan di minum. 

No comments: