Tahukah kamu 6 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami?

Ilustrasi: pexels.com

Daftar isi
1. Pengertian jerawat
2. Penyebab jerawat
3.bahan alami mengobati jerawat

Memiliki jerawat di wajah adalah hal yang sangat menjengkelkan (apalagi tumbuhnya di hidung). Selain mengganggu penampilan, juga mengurangi rasa percaya diri sampai 99,9%.

Dulu ketika masa masa puber, jerawat saya ada di mana mana. Namun setelah kuliah jerawat sudah mulai menghilang. Setelah saya selidiki ternyata ada faktor pemicu lainnya tumbuhnya jerawat di muka saya.

Apa itu jerawat?

Jerawat adalah suatu kondisi pada kulit yang terjadi karena adanya penyumbatan minyak dan sel sel kulit mati.

Lalu apa saja penyebab jerawat?

Penyebab umum timbulnya suatu jerawat adalah faktor hormon, tumpukan minyak berlebih di kulit, faktor jarang membersihkan wajah, makanan yang dikonsumsi misalnya alergi terhadap suatu makanan dan faktor stress.

Namun, ternyata ketidakcocokan dengan produk sabun pencuci muka tertentu dan atau produk kosmetik tertentu adalah salah satu penyebabnya. (Dan ini yang saya sempat alami waktu itu).

Oleh sebab itu bijaklah dalam memilih produk kosmetik atau sabun pencuci wajah, rajin mencuci muka terutama sebelum tidur, tidak menyentuh wajah dengan telapak tangan (sebaikx gunakan punggung tangan), banyak makan makanan yang sehat seperti sayuran dan buah buahan, kurangi makanan berminyak dan rajin berolahraga.

Lalu bagaimana mengobati jerawat dengan bahan yang alami?

Berikut adalah 6 cara menghilangkan jerawat secara alami.

1. Green tea. Dilansir dari womantalk.com, ada 3 cara penggunaannya. Bisa dengan cara diminum, dijadikan masker atau dijadikan air pencuci muka.

Caranya apabila green tea dijadikan masker adalah cukup dengan membuka kantong green tea lalu tumbuk sampai halus dan jadi bubuk. Tambahkan 1/2 perasan lemon dan sedikit bubuk kunyit. Aduk sampai mengental dan berbentuk pasta menggunakan air bersih. Oleskan pada wajah sekitar 10 menit.

Untuk dijadikan pencuci muka,  celupkan kantong teh hijau ke dalam air panas sekitar 15. Setelah hangat gunakanlah untuk mencuci muka dan pijat dengan lembut sekitar 5 menit.

2. Lidah buaya. Caranya adalah lendir yang telah dikerok dari daun lidah buaya dioleskan pada area munculnya jerawat. Namun jika muncul iritasi atau kemerahan segera hentikan. 

3. Baking soda. Campurkan setengah sendok baking soda dengan air sampai mengental. Setelah itu oleskan pada area yang berjerawat selama 15 menit.

4. Cuka apel. Teman sekampus saya banyak yang merekomendasikan pemanfaatan cuka apel dalam menghilangkan jerawat. Caranya adalah 1 sendok cuka apel ditambah 3 sendok air bersih. Oleskan pada kulit yang berjerawat. Namun penggunaan cuka apel yang berlebih karena bisa mengiritasi kulit.

5. Lemon. Air perasan lemon cukup dioleskan pada kulit. Dan tunggu hingga 10 menit dan bersihkan.

6. Bawang putih. Dengan kandungan sulfur pada bawang putih dipercaya dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Potong dan iris bawang putih berbentuk pipi dan tempelkan pada jerawat.

Terima kasih.
See you next time.

No comments: