Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Dengan Mudah

Ilustrasi pexels.com

Bagi kita yang belum atau sudah mendapat penghasilan sendiri, kadangkala kita mengalami masalah hal yang sepeleh dimana membuat sakit kepala. Belum akhir bulan, atau belum sampai tanggal gajian ehh kita mulai kerepotan dengan masalah keuangan apalagi jika ada kebutuhan yang mendesak yang harus segera dipenuhi.

Kalau demikian apa solusinya? Haruskah kita meminta tambahan dana dari orang tua atau kerabat terdekat? Pasti tidak. Kita akan merasa malu apalagi jika kita sudah punya penghasilan sendiri.

Untuk menghindari hal demikian berikut beberapa tips yang dapat saya bagikan bagaimana caranya mengatur keuangan dengan mudah.

1. Buatlah anggaran
Hal yang pertama yang bisa kita lakukan adalah membuat anggaran kebutuhan dalam 1 bulan kedepan. Buatlah kategori kebutuhan misalnya uang jajan, uang trasportasi, uang kebutuhan dapur dan lainnya. Masukkan uang tersebut yang sudah di kelompokkan kedalam amplop/dompet. Usahakan jangan membawa amplop tersebut jika tidak sesuai dengan peruntukannya.
Dalam membuat anggaran tiap kategori, tentukan yang mana lebih prioritas dan berapa budgetnya. Berikut ini ada 4 tips dari saya yang akan membantu kamu:
 Kelompokkan dan urutkan mana barang yang masuk dalam kategori:
-Penting dan mendesak (P & M)
-Tidak penting tapi mendesak (xP =M)
-Penting tapi tidak mendesak (P =xM)
-Tidak penting dan tidak mendesak (xP&xM)
Sebagai contoh seorang ibu Rumah menyusun kategori demikian (bahan dapur masuk kategori P & M, beli panci baru masuk kategori P=xM, dan beli kuteks baru masuk kategori xP&xM

2. Buat catatan pengeluaran
Catatlah semua pengeluaran yang kamu habiskan dan digunakan untuk apa saja. Catatan ini penting untuk mengetahui anggaran agar bisa kita hitung dan bisa kita kendalikan.

3. Berhemat
Sedapat mungkin kamu harus berhemat. Salah satu trik dalam berhemat adalah memisahkan barang yang akan dibeli sesuai tupoksinya.
Ilustrasi pexels.com

4. Biaya tak terduga
Yang paling penting juga adalah jangan lupa sediakan aplop khusus untuk biaya tak terduga.

"Apabila kamu termasuk tipe orang yang bisa mengatur keuangan dengan baik, saya kira itu adalah nilai plus bagi kamu dan patut mendapatkan apresiasi yang lebih"

No comments: