OBAT ALAMI UNTUK REMATIK DAN ASAM URAT DARI TUMBUHAN



Yups ini dia, sirih cina atau ketupang air. Ada yang pernah lihat tumbuhan ini?

Di jawa sendiri, tumbuhan dinamakan seladan atau suruhan, Sunda dengan sebutan rangu rangu, makassar dengan sebutan lawi lawi bata sedangkan di maluku dinamakan gofu goroho. So bagaimana dengan bahasa ilmiahnya?
Yups betul sekali. Nama latin dari sirih cina adalah peperomia pellucida (L.) piperaceae.

Tumbuhan ini hidupnya di area yang lembab dan tertutup atau kurang terkena sinar matahari. Perkembangan tanaman ini melalui biji maupun dengan generatif. Nah bagi kamu yang berniat membudidayakan sirih cina, bisa dengan menggunakan bijinya.

Tumbuhan sirih cina atau ketupang air berakar tunggang berbatang bulat, dan berwarna hijau transparan dengan daun tunggal berbentuk jantung dan ujungnya runcing. Bunga dari sirih cina ini berbentuk bulir.

OBAT REMATIK DAN ASAM URAT.
Tumbuhan sirih cina ini telah digunakan sejak dahulu kalau sebagai obat tradisional atau obat herbal. Beberapa penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa obat ini mampu mengobati penyakit rematik dan asam urat, bisul, jerawat dan radang kulit. 

Hal ini karena kandungan yang dimiliki oleh tumbuhan sirih cina ini dimana mengandung alkaloid, tanin dan saponin sehingga cocok digunakan dengan kasus penyakit yang telah disebutkan di atas.

Nah siapa yang banyak jerawatnya nih, bisa pakai daun sirih cina kok. Hehhe

CARA PENGOLAHAN
Cara penyeduhan tanaman herbal ini adalah dengan cara di rebus. Caranya adalah bersihkan daun sirih cina mulai dari akar sampai daun maupun batangnya kemudian rebus dan airnya di minum.

Oke.. Semoga info ini bermanfaat yah... 

No comments: