Cara mengatasi baret pada kaca mobil

Ilustrasi ; pexels.com



Sangat menyenangkan apabila kita membayangkan mengendarai mobil mewah yang mengkilat keluaran terbaru. Namun akan mengganggu apabila di kaca mobil mewah kita terlihat baret halus bekas penyeka kaca mobil yang membekas.

Kaca mobil perlu dipoles untuk menghilangkan baret dan memberikan perlindungan bagi kaca mobil kamu.

Jika kamu punya waktu luang, kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus ke bengkel asalkan anda teliti dan telaten dalam melakukannya.

Siapkan cerium oxide, amplas halus, polish pad berbahan felt, semprotan air, lap chamois, selotip dan koran. Bahan ini bisa kamu dapatkan di toko perlengkapan poles.

Langkah pertama adalah bersihkan permukaan kaca dengan cermat menggunakan air dan lap. Lalu periksa bagian kaca yg baret. Jika baret cukup dalam, amplas dengan lembut memotong arah baret agar tidakmerusak kaca mobil.

Bersihkan kembali menggunakan air dan lap. Jangan lupa melindungi bagian pinggir kaca dengan selotip. Hal ini karena noda cairan poles yang mengering akan sulit dibersihkan dan bisa merusak cat bodi.

Langkah selanjutnya adalah cairkan bubuk poles kaca cerium oxide dengan air yang bersih dan jangan terlalu cair.  Jika terlalu cair sifat abstrak pada bubuk tersebut menjadi rendah sehingga proses menjadi lama.

Selanjutnya gunakan backing pad. Proses pemolesan dilakukan jika sebelumnya mengolesi kaca dengan cairan cerium oxide. Buatlah polesan dengan arah melingkar.

Setelah selesai pemolesan, ada baiknya tidak memoles satu bagian terlalu lama. Lakukanlah dengan perlahan ke seluruh bagian kaca. Khusus bagian yang baret, berikan penekanan untuk meenghilangkan bekas buram karna efek amplas.

Setelah semuanya selesai semprotlah air agar kaca tidak bergelombang atau retak karna panas dari gesekan.

Selanjutnya lap kaca mobil menggunakan lap chamois agar terlihat bersih dan berkilau.


Selamat mencoba

No comments: