Alergi Kacang Pada anak

Ilustrasi; pexels.com
    Alergi kacang merupakan hal yang paling sering kita jumpai pada anak-anak dan kadang bertahan sampai menginjak umur remaja. Gejala yang ditimbulkan dari alergi ini diantaranya gatal dan kesemutan di sekitar mulut dan tenggorokan, hidung beringus, kulit gatal memerah atau bengkak, tenggorokan atau saluran napas menyempit dan napas pendek pendek, mual dan muntah, kram perut dan diare.

    Semua gejala alergi kacang disebabkan respons sistem kekebalan tubuh pada protein kacang. Alergi kacang umum terjadi akibat aktivasi imunoglobulin E dalam tubuh.

Berbagai gejala alergi pada anak bisa menurunkan kualitas hidup mereka termasuk gangguan proses belajar. Selain itu alergi kacang pada anak bisa mengganggu tumbuh kembang anak dan meningkatkan beban ekonomi tinggi.

Dilansir dari kompas (8 Februari 2020) hingga sekarang, belum ada obat khusus untuk alergi kacang. Obat yang tersedia hanya untuk mengatasi gejala alerginya bukan menyembuhkan.  Oleh sebab itu, orang tua harus tetap waspada dan tetap memperhatikan anak mereka. Orang tua harus benar benar cermat dalam memilih jenis makanan pada anak mereka. Sedapat mungkin Konsumsi kacang harus dihindari.

Mereka yang alergi satu jenis kacang dianjurkan untuk menghindari semua jenis kacang.

#lovefamily



No comments: