Bagaimana Cara Mengecilkan Perut Buncit

    Akhir-akhir ini banyak kalangan pria dewasa yang mengeluh mengapa tubuh mereka tidak seindah lagi dibandingkan dengan masa muda mereka. Rata-rata bagian yang paling dikeluhkan adalah masalah perut yang buncit. Kenapa demikian?  

    Perut buncit terjadi karena adanya perubahan pola hidup yang sedentary (life sedentary). Pola hidup sedentary adalah pola hidup dimana kegiatan atau aktivitas yang dilakukan di luar waktu tidur dengan karakteristik kalori yang digunakan <1.5Mets. Hal inilah yang menjadi faktor pemicu munculnya obesitas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Perut buncit biasanya diakibatkan karena kebiasaan konsumsi alkohol, terlalu lama duduk, stres yang berkepanjangan, malas berolahraga (bergerak) dan masih banyak lagi. Terlalu banyak duduk dapat mengakibatkan penurunan pelepasan molekul seperti lipoprotein lipase yang akan yang dibutuhkan tubuh dalam mengelola lemak dan gula tubuh. 
    Perut buncit ini jika tidak diatasi dengan segera bisa menimbulkan efek jangka panjang diantaranya resiko akan gangguan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, asma dan kanker pada usus besar. Perut buncit juga bisa dikaitkan dengan syndrom metabolik. Syndrome metabolik adalah sekelompok gangguan kesehatan yang terjadi secara bersamaan setidaknya 3 dari 5. Ciri-ciri syndrome metabolik ialah kamu akan sering merasa haus, frekuensi buang air kecil akan meningkat, mudah lelah, sakit kepala, bahkan sesak napas.
  Lalu bagaimana caranya mengecilkan perut buncit? Berikut adalah tips-tipsnya:
1. Hindari konsumsi alkohol yang berlebihan
2. Perbanyak konsumsi serat serat. Misalnya sayur-sayuran dan buah-buahan. (Pisang, pepaya, semangka)

3. Batasi konsumsi garam. Konsumsi garam yang berlebihan akan membuat penyerapan air di dalam tubuh menjadi terganggu.
4. Rajin berolahraga (paling penting)
 Dengan olahraga yang benar, maka terjadi pembakaran kalori pada tubuh. Berikut beberapa latihan yang disarankan oleh fisioterapis yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah dan aman dilakukan untuk membantu menurunkan perut buncit.
A. Dead bug exercise
B. Sit up
C. Plank 
D. Crunch
E. Toe taps
F. Circle crunches
G. Reverse chrunch

Terima kasih. 

No comments: