HERD IMUNITY, AKANKAH DITERAPKAN DI INDONESIA?

Opini
Ilustrasi: pexels.com

Apakah herd imunity itu?
Dilansir dari Aljazeraa, herd imunity mengacu pada suatu kondisi dimana cukup banyak orang dalam suatu populasi yang memiliki kekebalan terhadap infeksi virus sehingga akan efektif dalam menghentikan suatu penyebaran penyakit.

Ada dua metode herd imunity. Yang pertama yaitu dengan metode vaksinasi. Namun sampai sekarang belum ada vaksin virus covid-19 ini. Mungkin akan butuh waktu yang lebih lama lagi dalam pembuatannya.

Cara herd imunity yang ke dua adalah dengan membiarkan 70% populasi terinveksi virus corona sehingga akan mendapatkan kekebalan tubuh (antibody) secara alami. Namun jika hal ini dilakukan akan dapat meningkatkan jumlah kematian. 

SIAPA SAJA YANG TERELEMINASI?
lansia dan orang-orang dengan penyakit penderita sebelumnya misalnya gangguan jantung dan paru, gangguan pernapasan berat, penyakit ginjal, Diabetes dan kanker akan rentan terinveksi virus corona. 

Dari kemungkinan infeksi ini hanya dua hal yang akan terjadi. Bertahan hidup karena kebal dengan penyakit atau meninggal dunia bagi yang tidak kuat. Orang yang punya imunitas tubuh yang rendah serta mereka yang punya penyakit penyerta yang telah disebutkan di atas akan terseleksi oleh alam.

PLUS MINUS DITERAPKANNYA HERD IMUNITY?
Ada nilai plus minus dari diberlakukannya herd imunity. Beberapa dampak negatif yang akan terjadi adalah akan hilangnya penduduk yang banyak terutama lansia dimana di indonesia jumlah lansia merupakan jumlah yang besar. Selain itu Rumah sakit akan kewalahan menerima pengunjung pasien covid-19 setiap waktu dan akan melebihi kapasitas yang tidak wajar. Akan banyak dari pasien ini yang tidak sempat tertangani oleh tim medis. 

Namun di lain sisi, kelebihan jika Indonesia menerapkan herd imunity adalah perekonomian Indonesia tidak terhambat dan stabil serta terbentuknya manusia manusia baru yang dimana memiliki sistem imunnya akan lebih kuat dan mudah dalam beradaptasi dengan penyakit baru.

Sekarang ini di Indonesia sepertinya akan menuju ke Herd imunity. Seperti yang dapat kita lihat sekarang pasar, mall dan tempat tempat umum sudah mulai perlahan dibuka. 

BAGAIMANA BERTAHAN MENJADI BAGIAN DARI HERD IMUNITY
Seseorang akan menjadi bagian dari herd imunity ini jika menerapkan pola hidup yang sehat, lingkungan yang bersih, serta mematuhi protokol kesehatan yang pemerintah telah buat. Selain itu sering mencuci tangan menggunakan sabun, rajin berolahraga untuk meningkatkan sistem imun, makan yang sehat dan minum vitamin. Tak lupa selalu memakai masker saat bepergian dan menghindari kerumanan banyak orang orang. 
Dan yang terpenting adalah rajin berdoa minta petunjuk Yang Maha Kuasa karena hidup dan mati kita ada di tangan-Nya.


No comments: