Memahami Profesi Fisioterapi


Apa yang dimaksud dengan fisioterapi?
Menurut PMK no. 65 tahun 2015, Fisioterapi adalah seseorang yang telah lulus pendidikan fisioterapi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Apakah fisioterapi adalah sebuah modalitas?
Salah besar. Menurut UU nakes no. 36 tahun 2014 dan PMK 65 dan 80, mengatakan bahwa fisioterapi adalah sebuah profesi bukan sebuah modalitas.

Apakah Fisioterapi adalah dokter?
Tidak, Fisioterapi bukan dokter karena Kompetensi mereka sangatlah berbeda. Dokter menggunakan obat obatan dalam intervensinya sedangkan fisioterapi adalah sebuah profesi kesehatan yang memelihara, mengembangkan dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis), pelatihan fungsi dan komunikasi.

Apakah seorang sarjana olahraga bisa menjadi fisioterapis?
Tidak. Seseorang bisa dikatakan sebagai Fisioterapis apabila telah menyelesaikan pendidikan fisioterapi sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku, dan dibuktikan dengan Surat tanda Registrasi (STR) fisioterapi. Apabila ada yang mengaku sebagai seorang fisioterapis dan melakukan praktek seolah olah sebagai fisioterapis yang telah memiliki izin akan dikenakan pidana penjara paling lama 5 tahun (referensi bab XIV ketentuan pidana pasal 83).

Bagaimana awal mulanya lahirnya Fisioterapi?
-Hipocrates dikenal sebagai old master of physioterapy dengan ide manual therapy untuk mengurangi nyeri.
- Hector pertama kali mempraktekkan teknik Fisioterapi dengan hydrotherapy dan exercise untuk mengatasi gangguan fungsi gerak di masa yunani kuno.

Dimana pendidikan Fisioterapi di buka?
Pendidikan fisioterapi pertama dibuka di universitas Otago, New Zealand pada tahun 1313 dan Reed collage, Porland-Oregon pada tahun 1914 sebagai institusi pertama mengajarkan ilmu Fisioterapi.

Pada tahun berapa journal Fisioterapi pertama diterbitkan?
Journal Fisioterapi pertama dipublish pada bulan Maret tahun 1921 dalam physical therapy review, US.

Kapan manual therapy menjadi populer?
Manual therapy menjadi sangat populer ketika international federation of orthopaedic manipulative dibentuk pada tahun 1974.

Kapan elektro therapy mulai diperkenalkan dalam praktek fisioterapi?
Elektro therapy mulai diperkenalkan dalam praktek fisioterapi seperti electrical stimulation pada tahun 1980.

Apa saja goals Fisioterapi saat ini?
-mengurangi nyeri
- meningkatkan mobilitas dan ROM
- meningkatkan daya tahan dan kekuatan
- mengembalikan kemandirian 
- mengurangi stress
- peningkatan kualitas hidup pasien menjadi lebih baik.

Bagaimana sejarah perkembangan Fisioterapi di Indonesia?
Pada tahun 1956, sekolah perawat fisioterapi berdiri di solo. Sekolah tersebut didirikan oleh (alm.) Prof. dr. Soeharso. Profesi vokasi fisioterapi dirintis untuk menangani penderita cacat veteran korban perang pada tahun 1945 dan cacat poliomyelitis. Namun pada tahun 1967-1970 diubah menjadi akademi keperawatan fisioterapi.

Pada tahun 1970, akademi Fisioterapi (DIII) non keperawatan berdiri di solo. Dan pada tahun 2006 (SK 2008), S1 profesi pertama berdiri di unhas (dengan gelar S.Ft., Physio). Program s1 profesi ini dicetuskan oleh Dr. Djohan Aras, S.Ft., Physio., M.Kes. bersama Prof. dr. Idrus Andi Paturusi, Sp. Orthopedic di FK-UH.

Berdasarkan data tahun 2019, program pendidikin Fisioterapi telah memiliki:
D3: 33 program studi
D4: 3 program studi
S1 Fisioterapi: 12 program studi
Profesi Fisioterapi: 6 program studi
-Magister dengan kekhususan konsentrasi : 1 FT program studi

Dan saat ini telah memiliki 5 orang dengan gelar spesialis fisioterapi
Dimana:
2 spesialis Fisioterapi Olahraga (Sp.FOR)
3 Spesialis Fisioterapi Orthopedy & Musculosceletal (Sp.FOM)

Apakah Fisioterapi dapat menjalankan praktek mandiri?
Berdasarkan PMK 80 tahun 2013 pasal 6 ayat 1, kewenangan dan kemandirian praktek Fisioterapi menyebutkan bahwa Fisioterapi Profesi dapat menjalankan praktek pelayanan fisioterapi secara mandiri atau bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

Bagaimana kewenangan DIII dan DIV dalam menjalankan praktek Fisioterapi?
Berdasarkan pasal 6 ayat 4, Fisioterapi ahli madya atau fisioterapi sains terapan harus bekerja di bawah pengawasan fisioterapi profesi atau fisioterapi spesialis.

(Tulisan ini semoga bermanfaat bagi pembaca khususnya masyarakat awam. Adapun kesalahan data pada tulisan tersebut apabila ingin dikoreksi silahkan tulis di kolom komentar untuk menyempurnakan tulisan ini. Tks)

No comments: