Ketahuilah, 4 obat alami dari tumbuhan untuk mengobati penyakit maag atau nyeri lambung

Pemanfaatan tumbuhan sebagai obat herbal sudah berkembang dengan pesat di masyarakat. Ada berbagai jenis tanaman yang telah di ciptakan oleh Yang Kuasa guna mengobati berbagai macam penyakit yang ada.

Pengetahuan masyarakat tradisional secara turun temurun merupakan langkah awal yang sangat membantu untuk mengetahui suatu tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat.

Selain itu, telah adanya berbagai penelitian yang meneliti kandungan dari tanaman tersebut dan manfaatnya ikut mendukung dalam membuktikan kebenaran obat herbal yang digunakan masyarakat lokal seperti yang akan kita bahas yaitu berbagai jenis tanaman yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit nyeri pada lambung atau penyakit maag.

Maag atau nyeri lambung adalah sekumpulan dari kondisi yang melibatkan peradangan pada lapisan dalam perut. Adapun gejala dari maag seperti nyeri atau terasa panas pada ulu hati atau perut bagian atas, merasa mual bahkan muntah serta sering bersendawa.

Terlalu sering mengonsumsi minuman yang bersoda dan berkafein, makan makanan pedas, terlambat makan dan terlalu kenyang, depresi, karena bakteri atau bahkan karena penggunaan obat obat tertentu dapat membuat resiko seseorang menderita penyakit maag atau nyeri lambung.

Berikut beberapa tanaman obat yang sering digunakan masyarakat lokal dalam mengobati penyakit maag atau nyeri lambung.

1. Bandotan
Selain berkhasiat dalam mengobati sakit ternggorokan, luka serta demam, bandotan juga berkhasiat dalam mengobati penyakit maag atau nyeri lambung.

Kandungan dari bandotan seperti senyawa alkaloid, saponin, tanin, flavonoid dan glikosida yang fungsinya untuk antibakteri juga bermanfaat untuk infeksi luka.

Cara pengolahannya dengan cara daun bandotan kira kira 100 gram dicuci dengan bersih dan ditumbuk sampai halus. Kemudian ditambahkan air panas kira kira setegah gelas dan di peras. Air perasan langsung diminun. Jika terlalu pahit, bisa ditambahkan gula atau madu.

2. Tembelekan
Tumbuhan ini mudah di dapat. Selain khasiatnya sebagai obat luka dan penyakit kuning, tembelekan juga berfungsi sebagai obat maag atau nyeri lambung.

Cara pengolahannya dengan cara daunnya diambil dan direbus. Tunggu sampai hangat dan minum secara rutin.

3. Temulawak
Cara penyajian temulawak untuk mengobati penyakit maag adalah dengan cara mengambil temulawak kira kira 100 gram yang telah dicuci bersih. Parut temulawak dan tanbahkan air panas setengah gelas dan peras airnya. Minum air perasan tersebut secara rutin.

4. Pepaya matang
Cara pengolahannya dengan cara pepaya yang sudah matang di pohonnya diambil dan dikupas. Setelah itu parut dan airnya diperas dan diminum sebelum makan.

Perlu diingat bahwa tanaman herbal dalam penggunaanya tidak menimbulkan efek samping jika digunakan dalam waktu lama. Untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya diminum secara rutin 2 sampai 3 kali sehari.

Selamat mencoba.

No comments: