Penyakit Malaria

     Penyakit malaria adalah penyakit yang dikategorikan dalam penyakit yang menular yang disebabkan oleh parasit (plasmodium) yang hanya dapat dilihat oleh mikroskop. Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk malaria (anopheles).

    Penyakit malaria dapat menyerang semua orang baik laki laki maupun perempuan, semua golongan umur, mulai dari bayi, anak anak sampai orang dewasa apapun jenis pekerjaannya.

    Penyakit malaria biasanya menyerang orang-orang yang tinggal di daerah yang mempunyai banyak genangan air yang sesuai untuk tempat berkembang biaknya nyamuk malaria, seperti persawahan, pantai, perbukitan dan pinggiran hutan.

    Penyakit malaria ditularkan oleh nyamuk malaria ( Anopheles) yang mempunyai kebiasaan menggigit pada malam hari (biasanya jam 18.00 - 06 pagi, baik di dalam maupun di luar rumah.

    Ciri nyamuk malaria bila hinggap posisinya akan menungging, berbeda dengan nyamuk bukan malaria posisinya terlihat sejajar. Adapun jentik nyamuk malaria sejajar dengan permukaan air, berbeda dengan jentik nyamuk bukan malaria akan terlihat tegak lurus.

Penyakit malaria ditularkan melalui:

  1. Gigitan nyamuk malaria
  2. Apabila nyamuk malaria menggigit orang yang sakit malaria, maka parasit akan ikut terhisap bersamaan dengan darah penderita.
  3. Dalam tubuh nyamuk, parasit tersebut akan berkembang biak dan bertambah banyak.
  4. Sesudah 7 - 14 hari apabila nyamuk tersebut menggigit orang sehat, maka parasit akan ditularkan kepada orang sehat tersebut.
  5. Di dalam tubuh, parasit akan berkembang biak, menyerang sel-sel darah merah.
  6. Dalam waktu kurang lebih 12 hari, orang tersebut akan sakit malaria.  

No comments: